Minggu, 28 Februari 2010

Kentut…

. Minggu, 28 Februari 2010

Atif Romeo ketika lagi melakukan pengembaraan menjalankan tugas suci dari Para Master menemukan informasi bagus di internet. Yakni perihal kentut (maaf ya bukannya ga sopan ^-^), di blognya sahabat Atif Romeo Gudang Ilmu. Oleh karena isinya yg Atif Romeo anggap bagus sebagai tip dan trik,  maka Atif Romeo sang blogger pemula memberanikan diri, membawa artikel tersebut sebagai oleh-oleh kehadapan teman-teman. Yup, itulah gunanya sharing, sob. Tapi bukan oleh-oleh kentut ya, oleh-oleh artikel tentang kentut.  ^-^.

(Catatan: artikel ini mengalami sedikit editing, untuk menghindar dari kemurkaan om Gugle V perihal co-pas)

Darimana asal kentut?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yg kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia & gas dari bakteri dalam perut.

Apa komposisi kentut?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

Kenapa kentut berbau busuk?
Kentut berbau busuk karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut & makin busuklah kentut anda. Telur & daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

Kenapa kentut menimbulkan bunyi?
Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas.

Kenapa kentut yg busuk itu hangat & tidak bersuara?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri & proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk metabolisme bakteri yg berbau busuk.  Ini kemudian menjadi kentut yang, walau volumenya kecil namun mematikan!

Berapa banyak kentut diproduksi sehari?
Setiap manusia menghasilkan rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur?
Ya, bagus kan? Coba klo keluar dari hidung!

Karena density kentut lebih ringan makanya kentut keluar dari “bawah”. Gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas karena gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke kawasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar.
Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit.

Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain?
Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan & arah angin,berat molekul gas kentut, jarak antara 'transmitter' dengan 'receiver'. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar & konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara & hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di ruang sempit, seperti lift, mobil, konsentrasinya lebih banyak, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap dinding.

Apakah setiap orang kentut?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah meninggal pun orang masih bisa kentut. (Makanya gak usah malu kalo sering kentut)

Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan?
Tidak ada kaitannya dengan gender.., Kalau benar, berarti kaum perempuan paling sering menahan kentutnya, dan kalo demikian, maka saat kentut… baunya...

Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yg tidak bisa dicerna tubuh tsb (raffinose, stachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora & membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya loh).

Selain makanan, apa saja penyebab kentut?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut).

Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang?
Tidak... sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.

Kemana perginya gas kentut kalau ditahan tidak dikeluarkan?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor.. Tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus & pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, tapi hanya mengalami penundaan.

Mungkinkah kentut terbakar?
Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yg combustible (gas alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyala-nya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.

Bisakah menyalakan korek api dengan kentut?
Jangan mengada-ada... konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut?
Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda mengalami pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak.

Apakah warna kentut?
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, ntar akan ketahuan siapa yang kentut.

Kentut itu apakah asam, basa atau netral?
Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) & hidrogen sulfida (H2S).

Gimana, cukup puas dengan artikel kentut? setidaknya saat ini Anda jangan malu menahan kentut. Atif Romeo terpingkal-pingkal pas baca ini di blognya gudangilmu1987.blogspot.com. Makanya langsung nulis di komputer.

Eh, klo mo kentut liat-liat sekitar ya ^-^

12 komentar:

MasRoy mengatakan...

jyahahaha....
hari gini mikirin kentut? ada ada saja.
BTW.. blog ini tentang apa sich? kok isinya rame-rame kayak gini? :D

aiub mengatakan...

bro,efek tema blognya keren ada daun jatuh.
gmn itu cara bikinnya?ajarin donk..

Lord Hady si pengetahuan itu penting mengatakan...

waahahahaha, efek daun-daun jatuhnya keren betul uy, kasih tau cara bikinnya dong ^_^ b

Atif Romeo mengatakan...

@aiub, bukannya ga mau ngajarin ya, tapi.... tuh... yg ngajarin dah komen dibawahmu yub. Lord Hady.

@LordHady... kura2 dalam perahu, pura-pura tidak tau... hikz.....

aboy mengatakan...

lucu mas atif temanya kentut..efek daunnya bsa drbh jd salju g or themes yg laen gt..hehe.pgn tw nh info&caranya..jd inget fasilitas diwordpress.he3.btw linknya d ogut pasang kok

deekkyy mengatakan...

berkunjung...bro kenapa ga pasang chat box aja atau shoutmix..

Atif Romeo mengatakan...

@aboy, tq boy, dah masang link :) soal efek daun, bisa macem2, bintang, salju, daun. Nah klo soal caranya.. nanya ke yg ngajarin atif aja ya.. Tuh.. Lord Hady.. :P

@deekkyy,, hikz... shoutmix yg kaya gmn lg sob, pan ente dah nulis di shoutmixnya hehe... agak kebawah, sengaja biar yg niat shout mesti scroll jauh kebawah, itung2 liat2 postingan sebelumnya, hehe...

MasRoy mengatakan...

Daunnya itu berguguran gara-gara 'kentut'nya mas Atif. hewhewhew...

deekkyy mengatakan...

hahaha...

deekkyy mengatakan...

ayo nulis nulis lagi..hehehe
happy blogging

Atif Romeo mengatakan...

Hehe... iya.. kmren lg banyak kerjaan,, maaf ya baru dibales..

deekkyy mengatakan...

ooh....orang yang sangat sibuk..hahaha
kalo aku sih ngeblog pake hape aja..kadang kadang pake komputer...happy blogging ya..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih buat yang udah mo repot komen ya.. ^_^

 

Friends

Atif Romeo

atifromeo.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com | Edited by Bambang Adrianto,S.STP