Sabtu, 06 Februari 2010

Cara Mudah Update Blog

. Sabtu, 06 Februari 2010


Bila Anda memililiki blog di blogger.com, ada kabar gembira, karena anda dapat meng-update blog Anda dari halaman Microsoft Word. Cukup tulis seperti mengetik biasa di word, lalu tekan tombol tertentu untuk mem-publish artikel itu!


Untuk dapat menikmati layanan ini, pertama kali Anda harus mendownload software add-on Blogger for Word, lalu menginstalnya di komputer. Setelah itu, add-on ini akan menyatu dengan program Microsoft Word dan siap untuk digunakan.


Setelah terinstal, ada tiga tombol tambahan yang akan muncul di menu Microsoft Word, yakni:



1. Publish, untuk meng-online-kan artikel di blog Anda.


2. Open Post, untuk membuka artikel tertentu yang telah tersimpan di blog Anda, dan siap untuk diedit. Hanya 15 artikel terakhir yang bisa dibuka dengan fasilitas ini.


3. Save as Draft, memungkinkan Anda menyimpan artikel sebelum mem-publish-nya. Artikel ini akan tersimpan di account blogger.com anda, tapi belum online di blog Anda.



Untuk dapat menggunakan fitur Blogger for Word ini, komputer Anda harus memiliki sistem operasi Windows 2000 atau versi yang lebih baru, serta Microsoft Word 2000 atau versi yang lebih baru.


Cara menginstal Blogger for Word cukup mudah. Setelah didownload, cukup klik-kanan file-nya, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya yang muncul di layar. Ketika proses download dan install, Anda harus menutup semua program Microsoft Office (Word, Outlook, dan sebagainya) yang sedang terbuka.


Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari disini (http://buzz.blogger.com/bloggerforword.html)


Ukuran paket instalasinya kecil, cuma 2MB.



Cara pemakaiannya seperti ini. Setelah Blogger For Word di-install, toolbar Blogger akan muncul pada Microsot Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa, tetapi jangan online dulu, offline saja. Kalau tulisan sudah selesai, nyalakan koneksi Intenet, lalu publish deh.



Secara ringkas dapat dijelaskan disini langkah-langkahnya dalam menulis blog dengan Microsoft Word 2002 sebagai berikut :


1. Klik [Blogger Settings], kemudian muncul kotak dan masukkan Username dan Password Anda untuk login ke Blogger. Setelah itu tekan [OK].


2. Silakan Anda menulis blog di dalam Word seperti biasa secara offline.


3. Bila Anda sudah selesai, silakan ke posisi online dan tekan [Publish].


4. Masukkan judul blog Anda dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu, lalu klik [Send]


5. Selesai.



Untuk Microsoft Word 2007, langkah-langkahnya hampir sama, meski sedkit berbeda :


1. Pada menu sebelah atas klik [Add-Ins]. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Page Layout], dan lain-lain.


2. Klik [Blogger Settings], kemudian muncul kotak dan masukkan Username dan Password Anda untuk login ke Blogger. Setelah itu tekan [OK].


3. Silakan Anda menulis blog di dalam Word secara offline.


4. Bila Anda sudah selesai, silakan ke posisi online dan tekan [Publish]


5. Masukkan judul blog Anda dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu, lalu klik[Send]


6. Selesai.



Nah, dengan trik ini, paling tidak akan mengurangi biaya online kita.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih buat yang udah mo repot komen ya.. ^_^

 

Friends

Atif Romeo

atifromeo.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com | Edited by Bambang Adrianto,S.STP